Home » » Klub Bola yang Pertama Kali Menggunakan Nomer Punggung

Klub Bola yang Pertama Kali Menggunakan Nomer Punggung


Sebelum ajang Piala Dunia tahun 1954, pemain sepakbola tidaklah diwajibkan menggunakan nomor punggung. Peraturan ini berlaku untuk seluruh dunia kecuali untuk Inggris yang yang sudah menerapkan kewajiban untuk memakai nomor punggung tersebut pada 5 Juli 1939.

Namun mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa Arsenal adalah klub pertama yang menggunakan nomor punggung di kostum mereka.

Adalah buah pemikiran visioner Herbert Chapman, yang menjadi Manajer The Gunners pada tahun 1925 hingga 1934, untuk memasang nomer punggung dengan harapan mempermudah dan mengenal dengan baik teman atau pemainnya yang berada di tim yang sama.

Penggunaan kostum bernomor ini tercatat digunakan pertama kali saat Arsenal melakukan pertandingan tandang yakni melawat Sheffield Wednesday pada 25 Agustus 1928. Hanya saja saat itu terdapat perbedaan sistem dengan masa kini, yakni penggunaan nomor awal hingga 11 untuk satu tim dan nomor 12 hingga 22 untuk tim yang lain.

Penggunaan sistem seperti ini tidak serta merta disetujui oleh komite liga Inggris saat itu, sehingga tidak ada catatan tim mana yang mengikuti jejak Arsenal untuk memakai nomor ponggung, namun sejarah mencacat The Gunners sendiri tetap memakainya bahkan saat pertandingan persahabatan melawan FC Wina, Austria di Highbury pada 4 Desember 1933 yang akhirnya menjadi salah satu pemicu sidang Komite di tahun 1934 untuk menentukan perlu tidaknya nomor punggung.

Dalam sidang tahun 1934 nomor punggung masih belum disetujui dan barulah pada tahun 1939 konsep ini disetujui dan digunakan secara menyeluruh di Inggris. Pertandingan pertama Arsenal dengan nomor punggung yang sudah resmi terjadi pada 30 Agustus 1939 saat menang melawan Blackburn Rovers.

sumber

0 comments:

Post a Comment